Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto Tinjau Kesiapan Satgaspam Pemilu 2019

Info Maritim341 Dilihat

Jakarta, indomaritim.id – Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si sebagai Panglima Komando Armada II meninjau langsung kesiapan Satuan Tugas Pengamanan Pemilu 2019 Koarmada II.

Komando Armada II adalah salah satu Komando Utama TNI Angkatan Laut bermarkas besar di Surabaya, Jawa Timur dan membawahi wilayah laut indonesia bagian tengah.

Baca Juga: TNI Angkatan Laut Terima Pesawat Udara CN 235-220 MPA dan Lima Helikopter Anti Kapal Selam

“Ini menjadi bentuk kesiapsiagaan Koarmada II dalam rangka mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yakni membantu Polri dalam pengamanan Pemilu 2019,” kata Laksda TNI Mintoro Yulianto melalui siaran pers tertulis.

“Serta dalam rangka mendukung tugas pokok TNI sebagai alat pertahanan negara sebagaimana diamanatkan dalam UU No.34 Tahun 2004,” kata Laksda TNI Mintoro Yulianto.

Ia menambahkan, sebanyak 2.500 prajurit tergabung dalam Satgaspam Pemilu Koarmada II yang terdiri dari semua unsur satuan dan dinas di jajaran Koarmada II.

“Serta para prajurit dari Lantamal V dan jajarannya yakni Lanal Batuporon, Lanal Malang, dan Lanal Banyuwangi,” lanjutnya.

“Para prajurit kebanggaan tersebut siap mengamankan jalannya Pemilu 2019 mulai saat hari H hingga selesainya proses penghitungan suara di wilayah kerja masing-masing bersinergi dengan jajaran TNI AD, TNI AU, dan Polri,” ujar Laksda TNI Mintoro Yulianto.

Panglima Komando Armada II menegaskan, pasukan Satgaspam Pemilu Koarmada II akan bersinergi dengan jajaran TNI dan Polri.

“Dimana Satgaspam Pemilu 2019 Koarmada II akan mendukung personel untuk mengamankan 27 wilayah kabupaten di Jawa Timur, yang terdapat di empat wilayah Korem jajaran Kodam V Brawijaya, yakni Korem 081/DSJ, Korem 082/CPYJ, Korem 083/ BDJ, dan Korem 084/BJ,” ujarnya memungkasi.

Pangkalan AL Banyuwangi Amankan Jalur Penyeberangan Selat Bali

Penyeberangan Selat Bali. Foto: Istimewa

Pangkalan TNI Angkatan Laut Banyuwangi, Lantamal V, meningkatkan pengawasan dan pengamanan jalur penyeberangan Selat Bali yang menghubungkan pulau Jawa dan Bali.

Jalur penyeberangan Selat Bali selama ini dikenal sibuk sebagai tempat penyeberangan wisatawan juga jalur logistik.

“Jalur penyeberangan Selat Bali yang menghubungkan pelabuhan Ketapang Banyuwangi dan Gilimanuk Bali perlu mendapatkan perhatian khusus dari pihak Lanal Banyuwangi menjelang pelaksanaan Pemilu 2019,” kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal ) Banyuwangi, Letkol Laut (P)Yulius Azz Zaenal ,S.H.,M.Tr.Hanla Senin (15/4/2019).

Komentar