Kementerian Perhubungan Libatkan Kapal TNI AL Pada Musim Mudik Lebaran 2019

Info Maritim283 Dilihat

Jakarta, indomaritim.id – Kementerian Perbuhungan akan melibatkan kapal TNI AL untuk membantu kelancaran kendaraan yang menyeberang di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni pada musim mudik Lebaran 2019 ini. Kapal TNI AL akan diprioritaskan untuk mengangkut truk pengangkut barang kebutuhan pokok.

Tak hanya menjadi penyeberangan kendaraan pribadi, Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni menjadi tempat vital distribusi barang kebutuhan pokok dari pulau Sumatera ke Jawa dan sebaliknya.

Baca Juga: Banyak Peminat, Dirjen Perhubungan Laut Tambah Jadwal Kapal Gratis Pemudik Sepeda Motor

“Kami akan meningkatkan kapal-kapal dari Tanjung Priok menuju Pelabuhan Panjang dan disana kemungkinan kita akan mendapat bantuan dari TNI AL,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta melalui siaran pers, Sabtu (11/5/2019).

“Saya tadi menghubungi Panglima TNI mudah-mudahan nanti TNI AL bisa membantu, jadi truk-truk tertentu tidak usah lewat Pelabuhan Merak tapi langsung dari Pelabuhan Tanjung Priok,” kata Menhub

Menhub menjelaskan, strategi pertama yaitu dengan memanfaatkan kapal milik TNI AL untuk mengangkut kendaraan truk bermuatan sembako maupun kendaraan pribadi lainnya dari Pelabuhan Tanjung Priok langsung ke Pelabuhan Panjang di Lampung. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan kesiapan Angkutan Lebaran 2019 bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Foto: Humas Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan kesiapan Angkutan Lebaran 2019 bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Foto: Humas Kemenhub


Secara umum Menhub menilai kesiapan di pelabuhan Merak tahun ini lebih baik.

“Persiapannya relatif lebih baik dari tahun lalu, ditandainya fasilitas yang premium ini dan juga upaya-upaya yang lain. Namun demikian, kami akan melakukan satu kajian lebih mendalam agar nanti lebih baik dan tidak terjadi kemacetan lagi,” ujarnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan kesiapan Angkutan Lebaran 2019 bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Dirut PT ASDP Ira Puspadewi, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Dari Pelabuhan Merak rencananya Menhub bersama Menteri PUPR akan meninjau sejumlah titik di ruas Tol Trans Sumatera dari Lampung hingga Palembang.

Komentar