Menteri Budi Karya Lepas Ribuan Pemudik Gratis Dengan KM. Dobonsolo

Info Maritim222 Dilihat

Jakarta, indomaritim.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas kapal Kapal Motor (KM) Dobonsolo yang mengangkut 2.013 orang peserta mudik gratis dan 839 unit sepeda motor dari Terminal Penumpang Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (01/06/2019) .

“Sore ini, kapal KM. Dobonsolo kembali mengangkut para pemudik gratis menuju Semarang berikut dengan sepeda motornya,” kata Menhub Budi Karya kepada awak media di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Kami berterima kasih atas keikutsertaan masyarakat yang memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini. Karena sangat membantu dalam menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya,” lanjutnya.

Baca Juga: Kementerian Perhubungan Tambah Kuota Mudik Gratis Sepeda Motor

“Dengan naik kapal ini, mereka bisa istirahat di dalam kapal, sehingga setelah sampai di Semarang nanti bisa melanjutkan perjalanan ke kota masing-masing,” kata Menhub Budi Karya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas pemudik gratis melalui kapal laut beserta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan para pejabat serta pemangku kepentingan terkait di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Sebelum memberangkatkan kapal, Budi Karya bersama rombongan memeriksa bagian dalam kapal untuk memastikan kenyamanan pemudik dalam perjalanan melalui laut.

Baca Juga: Banyak Peminat, Dirjen Perhubungan Laut Tambah Jadwal Kapal Gratis Pemudik Sepeda Motor

Pada kesempatan yang sama, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko menyebutkan, pada tahun 2019 ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyediakan kuota untuk mudik gratis sepeda motor dengan kapal asebanyak 7.500 unit sepeda motor dan 15.000 orang penumpang.

Kapal yang digunakan untuk mengangkut mudik gratis tersebut adalah kapal penumpang KM. Dobonsolo yang dioperatori oleh PT. PELNI dengan jadwal tiga kali keberangkatan atau voyage untuk arus mudik yaitu tanggal 30 Mei, tanggal 1 Juni, dan 3 Juni 2019, serta tiga kali voyage arus balik tanggal 8, 10, dan 12 Juni 2019.

“Setelah hari ini, besok Senin (3/6/2019) rencananya kapal KM. Dobonsolo juga akan diberangkatkan kembali untuk mengangut pemudik gratis sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Priok dengan jadwal yang sama yaitu pukul 16.00 WIB. Waktu tempuh dari Tanjung Priok ke Semarang adalah selama 14 jam sehingga pada pukul 06.00 WIB keesokan harinya para pemudik akan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan bisa melanjutkan ke rumah masing-masing,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko.

Ia menambahkan, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini merupakan salah satu dukungan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk mewujudkan slogan mudik lebaran tahun 2019 ini, yaitu “Mudik Bareng, Asyik Lancar”.

“Para pemudik sepeda motor dengan kapal laut ini tidak dikenakan biaya apapun bahkan mendapatkan fasilitas dua kali makan selama pelayarannya yaitu saat berbuka puasa dan saat sahur serta fasilitas lainnya seperti hiburan di atas kapal,” ujarnya.

“Pemerintah berharap dengan memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini, para pemudik dapat kembali pulang ke kampung halaman dengan selamat, aman, dan nyaman selama pelayarannya,” ujar Wisnu Handoko memungkasi.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Komentar