Peringati Hari Laut Sedunia, Masyarakat Biak Tanam Terumbu Karang

Info Maritim304 Dilihat

Biak, indomaritim.id – Pangkalan Angkatan Laut Biak, Papua, melaksanakan penanaman terumbu karang dan bersih pantai bersama masyarakat binaan dan siswa Pramuka Saka Bahari serta komunitas Taman Wisata Padaido (TWP) yang terpusat di Pantai Parai, Kampung Mokmer, Distrik Anggraidi Biak Timur, Kab. Biak Numfor, Jumat (14/06/2019).

Kegiatan ini untuk memperingati Hari Laut Sedunia yang jatuh pada tanggal 08 Juni 2019.

“Untuk memperingati Hari Laut Sedunia, banyak cara yang bisa dilakukan. Tak harus komunitas pecinta laut atau pelestari alam, namun siapa saja bisa melakukannya,” kata Mayor Laut (PM) Habrizal mewakili TNI Angkatan Laut.

Baca Juga: Indonesia Tekankan Pentingnya Perlindungan Terumbu Karang Pada Pertemuan G7

“Oleh karena itu kami mengajak stakeholder kemaritiman, seluruh lapisan pegiat kebaharian serta masyarakat, untuk ikut andil dalam kegiatan ini,” lanjutnya.

Hari Laut Sedunia, kata Mayor Laut (PM) Habrizal, merupakan hari peringatan untuk menghargai laut -laut di dunia dengan hasil-hasil yang disediakan oleh samudra, seperti makanan laut, sumber obat-obatan, sumber daya alam gas dan mineral, serta sumber pencaharian bagi orang banyak dan dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Kegiatan penanaman terumbu karang ini menggunakan metode baru yaitu dengan menggunakan lem koral untuk menyambung karang-karang yang patah dan juga penanaman terumbu karang di daerah yang gersang dengan perkiraan luas daerah yang berhasil ditanam pada kegiatan ini sekitar 200 x 20 m.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pjs. Palaksa Lanal Biak Mayor Laut (PM) Habrizal, Dan Unit Intel Lanal Biak Kapten Laut (T) Purnowihadi, Danposal Serui Lettu Laut (KH) Suhartono, Pjs. Paspotmar Lanal Biak Lettu Laut (K) Musman Sa’ad , Kaur TU. RSAL Dr. R. Ghandi AT Biak Letda Laut (K) Joni Samsul, Paur Ops Unit Intel Lanal Biak Letda Laut (E) Iswardani, Kasubsi Opswasgar PSDKP Biak Bapak Decky Sibi, Staf Ops SAR Biak Bapak Arnold Sibi, perwakilan KPLP Biak Bapak Demianus Saruna, Siswa Pramuka saka bahari, dan masyarakat binaan serta Komunitas Taman Wisata Padaido (TWP).


Hari Laut Sedunia telah diperingati setiap tanggal 08 Juni sejak pengajuan Pertama pada Tahun 1992. Hari Peringatan ini lalu disahkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada akhir Tahun 2008.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Komentar