Tangani Terorisme, Slowakia Ingin Belajar ke Indonesia

Info Maritim241 Dilihat

Bratislavaindomaritim.id – Pemerintah Slowakia menyambut baik kerja sama penanggulangan terorisme dengan Indonesia. Kesepakatan kerja sama antara Indonesia dan Slowakia tertuang dalam ‘Memorandum of Understanding Between the National Counter Terrorism Agency of the Republic of Indonesia and the Ministry of Interior of the Slovak Republic on Counter-Terrorism Cooperation’.

Nota kesepahaman kedua negara ditandatangani oleh Secretary of State Ministry of Interior of the Slovak Republic, Michal Bagacka dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Suhardi Alius di kantor Kementerian Dalam Negeri Slowakia, Bratislava, Senin (24/5/2019).

Baca Juga: Indonesia dan Slowakia Jalin Kerja Sama Penanganan Terorisme

“Slowakia menyambut baik inisiatif Indonesia untuk kerja sama penanganan terorisme ini, karena aksi teror merupakan kejahatan yang dapat terjadi dimana saja dan akibatnya merugikan banyak pihak,” kata Secretary of State Ministry of Interior of the Slovak Republic, Michal Bagacka.

Melalui kerja sama ini, lanjut Michal Bagacka, Slowakia dapat belajar dari Indonesia yang lebih memiliki pengalaman dalam penanganan terorisme dan memiliki perangkat hukum ataupun infrastruktur yang lebih lengkap.

“Kerja sama ini penting karena merupakan tugas negara untuk memastikan perlindungan warga negaranya,” ujar Michal Bagacka.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Suhardi Alius dan Secretary of State Ministry of Interior of the Slovak Republic, Michal Bagacka menandatangani nota kesepahaman penaganan terorisme. Foto: KBRI Bratislava
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Suhardi Alius dan Secretary of State Ministry of Interior of the Slovak Republic, Michal Bagacka menandatangani nota kesepahaman penaganan terorisme. Foto: KBRI Bratislava

Inisiatif kerja sama penananan terorisme ini dilatarbelakangi oleh pertemuan konsultasi bilateral ke-5 Indonesia-Slowakia tahun 2017 di Bratislava yang mendorong pendekatan-pendekatan baru untuk peningkatan kerja sama bilateral kedua negara.

‘Memorandum of Understanding Between the National Counter Terrorism Agency of the Republic of Indonesia and the Ministry of Interior of the Slovak Republic on Counter-Terrorism Cooperation’ menjadi kerangka kerja sama dalam rangka pencegahan dan penanganan terorisme kedua negara, antara lain melalui kerja sama di bidang pertukaran informasi mengenai hukum, undang-undang, ataupun kebijakan yang terkait terorisme, pertukaran pengalaman mengenai best practices penanganan terorisme, penyelenggaraan seminar atau lokakarya dalam rangka peningkatan kapasitas, saling kunjung pejabat tinggi dan pakar di bidang terorisme, dan lain sebagainya.

Untuk mengimplementasikan kerja sama yang tercantum dalam nota kesepahaman, maka akan dibentuk joint working group yang diketuai bersama oleh Indonesia dan Slowakia.

Kedua negara juga sepakat akan melakukan pertemuan sekali dalam dua tahun secara bergiliran di Indonesia atau Slowakia.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Suhardi Alius bertemu pejabat Kementerian Luar Negeri Slowakia di Bratislava. Foto: KBRI Bratislava
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Suhardi Alius bertemu pejabat Kementerian Luar Negeri Slowakia di Bratislava. Foto: KBRI Bratislava

Adapun sebagai pihak pelaksana dari MOU ini adalah Direktorat Kerja Sama Bilateral BNPT dan Biro Kerja Sama Internasional Kepolisian, Kementerian Dalam Negeri Slowakia.

Di sela-sela pertemuan untuk penandatangan, delegasi BNPT juga berkesempatan melalukan pertemuan dengan Kementrian Luar Negeri Slowakia untuk saling bertukar pandangan mengenai kebijakan kedua negara mengenai terorisme.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga