Garap Pasar Ekspor Nonmigas Terbesar Indonesia, Menteri Enggartiasto Lukita Resmikan ITPC Shanghai

Industri Maritim211 Dilihat

Shanghai, indomaritim.id – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meresmikan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Shanghai yang merupakan pusat promosi Indonesia pertama di Tiongkok, Senin (22/7/2019). Peresmian ini diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja Mendag ke Tiongkok.

“Peran dan keberadaan ITPC di negeri tirai bambu sangat penting karena Tiongkok merupakan pasar ekspor nonmigas terbesar Indonesia,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

“Bukan hanya sebagai lembaga pemerintah, namun juga bertindak sebagai agen promosi bisnis dan produk Indonesia di kawasan Tiongkok. Maka itu, ITPC Shanghai siap melayani para pelaku usaha di Tiongkok selama 24 jam,” lanjutnya.

Baca Juga: Begini Peluang Indonesia Ditengah Perang Dagang Amerika-Tiongkok

Selain sebagai jendela promosi produk tanah air, peresmian ITPC Shanghai merupakan salah satu langkah meningkatkan neraca perdagangan Indonesia-Tiongkok.

Dengan kehadiran ITPC, para pelaku usaha kedua negara akan lebih aktif melakukan kegiatan perdagangan sesuai dengan kesepakatan yang telah dicapai antara Presiden RI Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping di pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, bulan lalu.

Mendag mengharapkan, ITPC Shanghai mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dengan mengawasi kebutuhan apa saja yang diperlukan China dan apa yang bisa disediakan Indonesia.

“ITPC Shanghai juga diharapkan menjembatani para pelaku usaha dari kedua negara sehingga terjalin komunikasi yang lebih intens ke depannya. Jika ada persoalan, bisa dikomunikasikan dengan kami di Jakarta agar dapat segera diselesaikan untuk meningkatkan nilai ekspor,” tegasnya.

Indonesia dan Tiongkok memiliki sejarah persahabatan yang sangat panjang. Bukan hanya sebagai mitra politik, keamanan, dan ekonomi, tetapi dari aspek kebudayaan pun sudah terjadi akulturasi, antara budaya Indonesia dan budaya Tiongkok.

Menurut Mendag, peresmian ITPC Shanghai merupakan langkah awal membuka perwakilan promosi produk Indonesia di Tiongkok. “Ke depannya, kami berkeinginan kembali membuka beberapa perwakilan di provinsi-provinsi lain. Minimal di Guangzhou,” kata Enggartiasto Lukita memungkasi.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Komentar