Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan Periksa Batalyon Satria Sandi Yudha Kostrad

Info Maritim43 Dilihat

Cilodong, indomaritim.id – Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr (Han), didampingi Asren Kostrad, Asintel Kaskostrad, Aspers Kaskostrad, dan Kazi Kostrad mengunjungi Batalyon Satria Sandi Yudha Kostrad bertempat di Mako Kompi Taipur Kostrad, Cilodong, Jawa Barat, Kamis (1/8/2019).

Dalam pengarahannya, Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr (Han), berpesan agar setiap prajurit Taipur yang mengawaki satuan khusus Kostrad ini selalu menjaga nama baik satuan dengan tidak melakukan pelanggaran, dan selalu berbuat yang terbaik demi mengharumkan nama satuan Kostrad.

Baca Juga: Menguji Kemampuan Prajurit Yonarhanud 1 Kostrad Mengoperasionalkan Rudal Mistral

Pangkostrad juga mengingatkan bahwa kemampuan khusus yang sudah dimiliki para prajurit dipelihara dan ditingkatkan untuk siap diberangkatkan ke setiap medan penugasan.

“Setiap prajurit harus mempunyai lima kemampuan dasar agar selalu berhasil didalam melaksanakan tugas, antara lain harus memiliki kemampuan fisik yang prima dan sehat dengan peduli pada kesehatan diri sendiri, mampu melaksanakan gerakan perorangan dengan baik serta teknik dan taktik dengan penalaran yang baik, mahir menembak, mahir bernavigasi dan manuver serta memiliki kemampuan bela diri yang dikombinasikan dengan ilmu bela diri asli Indonesia,” ujar Pangkostrad.

Pangkostrad juga menekankan kepada seluruh prajurit bahwa untuk mencapai suatu keberhasilan tersebut tidak mudah, karena harus dengan kerja keras dan semangat prajurit, mulai dari berlatih di home base sampai dengan di daerah operasi.

Baca Juga: Mayjen TNI Agus Rohman Lepas Yonif Raider 303 Kostrad Amankan Perbatasan RI-Malaysia

Ditegaskan Pangkostrad, selain lima kemampuan dasar yang harus dimiliki, prajurit Kostrad juga harus memiliki ‘Delapan Kekuatan Cakra’ yang harus dilatih dan diasah oleh prajurit Kostrad antara lain kekuatan terhadap niat, sikap/prilaku, kekuatan dari pancaran mata, kekuatan komunikasi, kekuatan Cakra untuk melumpuhkan lawan, kekuatan daya Imajinasi yang mampu membaca situasi dan memprediksi serta merencanakan, keputusan yang diambil melalui fakta/data dan keyakinan sebagai kekuatan yang maha dahsyat.

Pada kesempatan ini, Pangkostrad juga menyempatkan untuk meninjau pangkalan dan seluruh Alutsista yang dimiliki Kompi Taipur.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga