Wadan Koopssus TNI Brigjen TNI (Mar) Supriyono Buka Latihan Aksi Khusus Koopssus

Nasional287 Dilihat

Jakarta, indomaritim.com – Wadan Koopssus TNI Brigjen TNI (Mar) Supriyono, membuka Latihan Aksi Khusus Koopssus TNI Semester I  di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (8/6/2023).

Ia membuka acara tersebut dan membacakan amanat dari Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI Mayjen TNI Joko P. Putranto.

Amanat Dankoopssus TNI yang dibacakan Brigjen TNI (Mar) Supriyono, aksi terorisme tidak hanya menjadi ancaman bagi Indonesia saja akan tetapi menjadi ancaman global. “Terbukti tidak saja menimbulkan korban jiwa yang cukup besar, tetapi juga menyebabkan trauma psikologis yang berkepanjangan bagi masyarakat, serta menimbulkan dampak negatif yang cukup luas terhadap berbagai aspek kehidupan,” ujarnya.

Mayjen TNI Joko P. Putranto menjelaskan, berpedoman dari kejadian ini maka penanggulangan aksi terorisme harus dilakukan melalui berbagai strategi yang komprehensif dan integral yaitu melalui pendekatan hard power (penegakan hukum secara tegas dan normatif) maupun soft power (peningkatan kepedulian dan peran masyarakat) guna melindungi seluruh warga masyarakat agar tidak menjadi korban aksi terorisme.

“Latihan ini juga merupakan wujud dari kepedulian negara dan pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat dari aksi terorisme,” ungkapnya.

“TNI sebagai komponen pertahanan negara tidak akan membiarkan aksi terorisme menghantui dan mengancam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan daya cegah dan daya tangkal serta kecepatan bertindak dalam menanggulangi terjadinya aksi terorisme. Salah satu upaya untuk mewujudkan kemampuan tersebut adalah dengan melaksanakan latihan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas TNI dan juga untuk memberi rasa tenang, aman dan nyaman bagi seluruh warga masyarakat,” kata Mayjen TNI Joko P. Putranto.

Latihan aksi khusus Koopssus TNI ini melibatkan tiga satuan khusus TNI yang terdiri dari Satuan 81 Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL, Satbravo 90 Kopasgat TNI AU dan satuan TNI lainnya dibawah kendali Komando Operasi Khusus TNI (Koopssus TNI). (Haresti).

Komentar