Dijual Satu Juta Per Ekor, Ikan Ekor Kuning Sulit Didapat

Industri Maritim281 Dilihat

Jayapura, indomaritim.id – Harga ikan ekor kuning di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Hamadi, Kota Jayapura, terus naik bahkan mencapai Rp1 juta per ekor.

“Mahalnya harga ikan ekor kuning karena minimnya hasil tangkapan ikan tersebut sementara tingkat kebutuhan masyarakat cukup tinggi,” kata Amir, penjual ikan di Jayapura, Minggu (24/2/2019).

Amir yang menggelar dagangannya di TPI Hamadi terpaksa tetap membeli dan menjual ikan ekor kuning walaupun harganya tinggi karena masyarakat lebih memilih ikan jenis tersebut dibanding jenis cakalang.

Ikan berharga Rp1 juta itu berukuran besar yang nantinya dipotong-potong sesuai kebutuhan dan yang biasa membeli adalah penjual nasi atau warung dan perusahaan jasa boga.

“Namun tidak semua ikan ekor kuning dijual semahal itu karena itu tergantung ukuran,” kata Samsudin.

Ia mengaku memang saat ini hasil tangkapan nelayan untuk ikan ekor kuning memang terbatas sehingga untuk ukuran kecil saja bisa mencapai Rp200 ribuan per ekor.

“Saat ini jenis ikan yang diperjualbelikan terbatas akibat tingginya gelombang hingga menyebabkan nelayan enggan melaut,” kata Samsudin yang mengaku sudah membuka lapak ikan sejak 20 tahun yang lalu.

Harga ikan tenggiri bervariasi antara Rp150 ribu hingga Rp500 ribu per ekor tergantung ukuran ikan. Harga ikan bandeng bervariasi dari Rp20 ribu hingga Rp35 ribu per ekor, ikan cakalang Rp200 ribu hingga Rp350 ribu per ekor.

Ikan mubara kecil Rp50 ribu per tumpuk, ikan salam Rp200 per ekor, cumi-cumi Rp200 ribu per tumpuk dan udang berkisar Rp90 ribu hingga Rp150 ribu per kg.

Komentar