Bupati Gorontalo Utara Siap Dukung Lahan Pangkalan Kapal Bakamla

Info Maritim234 Dilihat

Gorontalo Utara, indomaritim.id – Bupati Gorontalo Utara, Dr. H. Indra Yasin, S.H., M.H. menegaskan mendukung rencana Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla) untuk membangun pangkalan di wilayah utara Indonesia itu.

“Kami siap mendukung lahan untuk Pangkalan kapal Bakamla,” kata Dr. H. Indra Yasin, S.H., M.H. saat menerima kunjungan Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah yang diwakili Kepala Pangkalan Armada Manado Kolonel Bakamla Agus Izudin, S.T. di Kantor Bupati Gorontalo Utara, Kwandang, Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo, Jumat (15/3/2019)

Ia menambahkan, perlu kesiapsiagaan dalam menjaga keamanan dan keselamatan di perairan Gorontalo Utara dan sekitarnya. “Pencegahan dan penindakan pelanggaran terhadap semua bentuk kegiatan illegal di laut, karena letak geografis Gorontalo Utara yang berbatasan dengan negara tetangga yaitu Malaysia dan Philipina,” ujar Dr. H. Indra Yasin.

Baca Juga: Bakamla Terima Kunjungan Kehormatan Duta Besar Amerika Serikat

“Diharapkan, kehadiran Bakamla dapat menjaga keamanan dan keselamatan laut Gorontalo Utara,” imbuhnya pula.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pangkalan Armada Manado, Kolonel Agus Izudin, S.T. mengatakan kunjungan itu untuk memaparkan tentang Bakamla yang mengemban peran sebagai Indonesian Coast Guard dihadapan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Gorontalo.

“Kantor Bakamla Zona Maritim Tengah di Manado didukung oleh peralatan pemantauan yang tersebar di empat Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan (SPKKL) di tiga Provinsi yaitu Kaltara, Bali, Sulut dan ada pula Stasiun Bumi (SB) yang berada di Bitung,” kata Kolonel Agus Izudin, S.T.

“Adapun Kantor Pangkalan Armada Kamla di Serei diperkuat dengan beberapa kapal patroli 48 meter dan Catamaran untuk mendukung tugas patroli keamanan dan Keselamatan di wilayah ALKI II,” lanjutnya.

Hadir pejabat Bakamla lainnya yaitu Kabid Inhuker Kolonel Bakamla Yospendi, S.T., S.Sos, S.H., M.Si., Kasubbid Kerma Mayor Sulaeman Rusdi, S.T., Kasubbag TU dan Rumga Mayor Bakamla Sudarsawang, S.Sos serta Staf Serma Agus Wulur.

Komentar