KRI Banda Aceh-593 Gelar Latihan Tempur VBSS Hadapi Perompak di Natuna

Info Maritim245 Dilihat

Natuna, indomaritim.id – Prajurit TNI Angkatan Laut KRI Banda Aceh-593 melaksanakan latihan Visit Board Search and Seizure (VBSS) di atas Geladak Heli KRI Banda Aceh(BAC)-593, di perairan Natuna, Riau, Kamis (21/3/2019).

Dalam latihan tersebut, tim VBSS yang terdiri dari tujuh prajurit dari KRI Banda Aceh-593 melaksanakan berbagai latihan tempur laut. Satu diantarnya adalah simulasi pelumpuhan perompak di lounge room KRI BAC-593 dan latihan menembak di atas geladak heli KRI Banda Aceh-593.

Baca Juga: Badan Keamanan Laut Kirim Personel Ikuti Pelatihan Small Boat Operations

“Tim VBSS adalah sebuah tim kecil memiliki kemampuan pencarian, penyergapan, dan pembebasan kapal dan merupakan komponen wajib pada KRI yang dimiliki oleh TNI AL untuk menekan berbagai bentuk pelanggaran kedaulatan dan hukum di laut,” kata Komandan KRI Banda Aceh-593 Letkol Laut (P) Ali Setiandy, M.Tr. (Han), kepada redaksi indomaritim.id melalui siaran pers tertulis.

Ia manambahkan, latihan ini bertujuan untuk membina kemampuan dan profesionalisme prajurit KRI Banda Aceh-593 dalam mengantisipasi situasi saat melaksanakan satgas operasi di laut.

“Sebagai pelatih dalam latihan ini dari Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada I,” imbuh Letkol Laut (P) Ali Setiandy.

KRI Banda Aceh-593 sedang berlayar di perairan Natuna, Riau, untuk berpartisipasi pada ajang internasional The 15th Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) 2019.