Agun Gunandjar Sudarsa: Pemilu di Indonesia Harus Damai, Berintegritas, dan Menyejahterakan

Info Maritim246 Dilihat

Jakarta, indomaritim.id – Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip, M.Si,. Ketua Fraksi Partai Golkar (FPG) Majelis Permusyawaratan Rakyat meluncurkan buku “Pemilu Damai, Berintegritas, dan Menyejahterakan” di Ruang GBHN, Gedung Nusantara V, Kompleks MPR/DPR kawasan Senayan Jakarta Selatan, Senin (1/4/2019).

“Pemilu adalah sarana perwujudan kedaulatan rakyat dalam menggapai narasi besar mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” kata Agun Gunandjar Sudarsa kepada indomaritim.id usai acara peluncuran buku.

Baca Juga: Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio Luncurkan Buku Kepemimpinan Nusantara

Peluncuran buku yang dikemas dalam seminar ini menghadirkan narasumber ahli dari berbagai disiplin ilmu. Mereka adalah Dr. M. Alfan Alfian, Dosen Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Nasiona yang saat ini juga menjabat Direktur The Akbar Tandjung Institute, Titi Anggraini, SH, MH dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Dr. Valina Singka Subekti, Dosen Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia dan M. Andi Mattalatta, SH, MH ahli hukum yang pernah menjadi anggota Lembaga Pengkajian MPR Menkumham RI 2007-2009.

Pada diskusi pada seminar yang dimoderatori presenter Frisca Clarissa ini, Agun Gunandjar Sudarsa mengajak kepada masyarakat untuk bisa memilih dan memilah kontestan mana yang mampu menghadirkan pemilu, tidak hanya damai namun juga berintegritas dan menyejahterakan.

Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip, M.Si (sedang berdiri), Ketua Fraksi Partai Golkar (FPG) Majelis Permusyawaratan Rakyat pada peluncuran buku "Pemilu Damai, Berintegritas, dan Menyejahterakan" di Ruang GBHN, Gedung Nusantara V, Kompleks MPR/DPR. Foto: indomaritim.id/Mulyono Sri Hutomo
Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip, M.Si (sedang berdiri), Ketua Fraksi Partai Golkar (FPG) Majelis Permusyawaratan Rakyat pada peluncuran buku “Pemilu Damai, Berintegritas, dan Menyejahterakan” di Ruang GBHN, Gedung Nusantara V, Kompleks MPR/DPR. Foto: indomaritim.id/Mulyono Sri Hutomo

“Juga saling menghormati, fair, jujur, tidak melakukan money politic, dan serangan fajar,” kata Agun.

“Untuk mewujudkan hal dimaksud, maka diperlukan komitemen dari berbagai pihak dari penyelenggara pemilu, peserta pemilu, masyarakat luas serta kelompok kepentingan lain,” lanjutnya.

Politisi senior yang terpilih sebagai anggota legislatif DPR RI selama lima periode berturut-turut ini menegaskan pelaksanaan pemilu damai dan berintegritas harus seirama dengan kesuksesan mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Jadi harus dipahami bahwa pemilu bukan sekedar untuk pemilu, pemilu bukan sekadar formalitas demokrasi, tapi inti pemmulu adalah pemilu sebagai instrumen untuk menyejahterakan rakyat,” kata Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip, M.Si memungkasi.

Komentar