Mampu Angkut Tank dan Helikopter, Begini Kecanggihan Kapal Terbaru yang Diluncurkan TNI AL

Industri Maritim218 Dilihat

Bandar Lampung, indomaritim.id – TNI Angkatan Laut meluncurkan Kapal Angkut Tank (AT)-5 di galangan PT. Daya Radar Utama (DRU), Panjang, Kota Bandar Lampung, Lampung, Rabu (15/5/2019).

Dalam rilis yang diterima indomaritim.id, kapal angkut tersebut belum diberi nama. Namun, lambung kapal telah diberi nomer lambung 522 bernama Teluk Youtefa. Teluk Youtefa merupakan nama teluk di Kota Jayapura, Propinsi Papua. Teluk ini sangat terkenal dengan potensi pemandangan alam laut yang indah.

Baca Juga: Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu Resmikan Kapal Selam Pertama Produksi Indonesia

“Pembangunan Kapal Angkut Tank tentunya memiliki makna yang sangat strategis pada profesionalisme TNI Angkatan Laut. Keberadaan Kapal Angkut Tank dapat dijadikan sebagai momentum bagi Prajurit TNI Angkatan Laut dalam mendalami ilmu peperangan amfibi, pergeseran pasukan menggunakan kendaraan dan material tempur serta kegiatan sosial seperti pengiriman bantuan bencana alam ke pulau-pulau yang tertimpa bencana,” kata Laksamana Pertama TNI Sudarmoko.

Ia menambahkan, pembangunan kapal ini juga merupakan manifestasi penting dari kebijakan dasar pembangunan TNI Angkatan Laut menuju Minimum Essential Force (MEF) dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Prajurit TNI Angkatan Laut sebagai Prajurit Laut yang bermoral, profesional, handal dan disegani.

Kapal angkut tank ini merupakan kapal jenis angkut tank ketiga yang telah dibangun oleh PT. DRU, sebelumnya telah diluncurkan Kapal Angkut Tank (AT)-3 KRI Teluk Bintuni-520 dan (AT)-4 KRI Teluk Lada-521 yang saat ini telah memperkuat jajaran TNI Angkatan Laut.

Baca Juga: TNI Angkatan Laut Terima Pesawat Udara CN 235-220 MPA dan Lima Helikopter Anti Kapal Selam

Dalam proses pembangunan kapal, dilaksanakan rangkaian seremonial pembangunan kapal perang meliputi first steel cutting, keel laying, shipnaming- launching, commissioning, delivery and receiving dan terakhir adalah pengukuhan nama KRI.

Kapal Angkut Tank (AT)-5 sendiri memiliki panjang keseluruhan 120 m, dengan panjang garis air 111, 89 mm dan lebar 18 m serta tinggi 7,8 m, kecepatan maksimum 16 knot, dengan kecepatan jelajah 15 knot dan kecepatan ekonomis (patroli) 14 knot. Selain itu juga memiliki kapasitas muat Tank yakni 10 unit Leopard/ 14 unit BMP-3F dan memiliki 1 unit Helicopter serta dapat mengangkut sebanyak 478 Personel.

Dalam rangkaian kegiatan shipnaming kapal nantinya direncanakan bersama dengan Kapal (AT)-6 dan Kapal (AT)-7. Kapal (AT)-5 akan diberi nama Teluk Youtefa-522, Kapal (AT)-6 akan diberi nama Teluk Palu-523 dan Kapal (AT)-7 akan diberi nama Teluk Calang-524.

Komentar