Laksamana TNI Siwi Sukma Adji Terima Kunjungan KASAL Australia Vice Admiral Michael Noonan

Info Maritim302 Dilihat

Jakarta, indomaritim.id – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. menerima kedatangan Kepala Staf Angkatan Laut Australia Vice Admiral Michael Noonan di Dermaga JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (18/5/2019).

“Terima kasih yang mendalam atas sambutan Kasal dan jajaran TNI Angkatan Laut yang begitu hangat,” kata Vice Admiral Michael Noonan.

“Indonesia dan Australia telah memiliki hubungan baik sejak lama, kunjungan ini membawa misi perdamaian di kawasan dan melebarkan sayap kerja sama yang lebih luas dengan Angkatan Laut Indonesia,” lanjutnya.

Baca Juga: Terima Bravet Wing Penerbang Kehormatan, Kasal Terbang Dengan Sukhoi 30 MK2 Flanker TNI AU

Kedatangan orang nomer satu di Angkatan Laut Australia ini disertai dua kapal perang Australia yaitu HMAS Canberra dan HMAS Newcastle.

Dijadwalkan kedua kapal perang negara tetangga tersebut akan berada di Jakarta hingga tanggal 21 Mei 2019. Selain di Jakarta, satu kapal Angkatan Laut Australia yaitu HMAS Succses akan hadir dan mengunjungi Makassar pada 20 Mei 2019 mendatang.

Senada dengan hal tersebut, Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan juga mengatakan bahwa kunjungan ini menunjukan bahwa hubungan yang kuat dengan Indonesia sangat penting bagi keamanan nasional Australia.

Baca Juga: Laksamana TNI Siwi Sukma Adji Terima Pelaporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira Tinggi AL

Untuk mempererat kerjasama antar negara di Asia Pasifik, Australia menjalankan program pelayaran Indo-Pacific Endeavour 2019.

Dua kapal Angkatan Laut Australia yang tiba di Jakarta sebagai bagian dari pelayaran Indo-Pacific Endeavour 2019. Misi itu bertujuan untuk memperdalam kerja sama Australia dengan pasukan keamanan kawasan berbagai negara di Samudera Hindia dan Pasifik.

Australia melibatkan lebih dari 1.000 personel dalam pelaksanaan Indo-Pacific Endeavour 2019 (IPE 19) yang terdiri dari Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Angkatan Udara. Pada IPE 19, TNI AL juga mengikutsertakan dua orang perwira pertama untuk ikut dalam pelayaran tersebut pada rute pelayaran dari Vietnam menuju Indonesia.

Sebelum tiba di Jakarta, Indo-Pacific Endeavour 2019 telah melaksanakan pelayaran melewati beberapa negara, antara lain Sri Lanka, India, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Indonesia sebelum akhirnya kembali lagi ke Australia pada 21 Mei 2019 mendatang.

Komentar