Laksamana TNI Siwi Sukma Adji Buka Puasa Bersama Kasal Australia Vice Admiral Michael Noonan

Info Maritim295 Dilihat

Jakarta, indomaritim.id – Kepala Staf Angkatan Laut Republik Indonesia, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., menghadiri acara buka puasa bersama Kasal Australia Vice Admiral Michael Noonan di HMAS Canberra yang sedang bersandar di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (21/5/2019).

Dalam siaran pers yang diterima redaksi indomaritim.id, acara buka puasa dihadiri antara lain oleh mantan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI (Purn) Sumardjono, Danjen Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., para Pejabat Utama Mabesal, para Pimpinan Kotama Angkatan Laut, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, para Pejabat Kementerian Pertahanan, Ikatan Alumni Pertahanan Australia (Ikahan) serta Staf Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

Baca Juga: Laksamana TNI Siwi Sukma Adji Terima Kunjungan KASAL Australia Vice Admiral Michael Noonan

HMAS Canberra yang merupakan kapal jenis Landing Helicopter Dock (LHD) yang tergabung dalam Satuan Tugas Indo-Pacific Endeavour 2019 (IPE 19).

Pelayaran Indo-Pacific Endeavour 2019 bertujuan untuk memperdalam kerja sama Australia dengan pasukan keamanan kawasan berbagai negara di Samudera Hindia dan Pasifik.

Australia melibatkan lebih dari 1.000 personel dalam pelaksanaan Indo-Pacific Endeavour 2019 (IPE 19) yang terdiri dari Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Angkatan Udara. Pada IPE 19, TNI AL juga mengikutsertakan dua orang perwira pertama untuk ikut dalam pelayaran tersebut pada rute pelayaran dari Vietnam menuju Indonesia.

Sebelum tiba di Jakarta, Indo-Pacific Endeavour 2019 telah melaksanakan pelayaran melewati beberapa negara, antara lain Sri Lanka, India, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Indonesia sebelum akhirnya kembali lagi ke Australia pada 21 Mei 2019 mendatang.

Satgas IPE 19 Australia merupakan satgas gabungan tiga matra baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, maupun Angkatan Udara yang dipimpin seorang Komandan Gugus Tugas yang dijabat oleh Air Commodore Richard Owen, SM dan melibatkan tiga unsur kapal perang Angkatan Laut Australia, yakni HMAS Canberra, HMAS Newcastle dan HMAS Success.

Kedatangan mereka dimaksudkan untuk lebih mempererat tali persahabatan antar angkatan laut kelas dunia utamanya dalam hal membangun dan menciptakan keamanan maritim di kawasan.

Komentar