Angkatan Laut Pakistan Terima Korvet dari Damen Belanda

Industri Maritim281 Dilihat

Galati, indomaritim.id – Angkatan Laut Pakistan menerima kapal korvet perdana dari pembuat kapal Belanda, Damen, yang diluncurkan di fasilitas pembuat kapal Galati, Rumania, Senin (20/5/2019). Kapal korvet ini yang pertama dari dua kapal yang dipesan AL Pakistan.

“Kapal ini akan bertindak sebagai pengganda kekuatan dalam meningkatkan kemampuan angkatan laut dalam menjaga perbatasan laut,” kata Vice Admiral Abdul Aleem dari Angkatan Laut Pakistan saat peluncuran kapal.

Baca Juga: TNI Angkatan Laut Terima Pesawat Udara CN 235-220 MPA dan Lima Helikopter Anti Kapal Selam

“Kecanggihannya menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam melakukan inisiatif bagi Angkatan Laut Pakistan untuk menjaga keamanan maritim regional yang independen,” lanjunya.

Ia menambahkan, korvet baru ini akan segera melakukan patroli di wilayah Samudera Hindia.

Pakistan memesan dua korvet sebagai kapal patroli yang mampu melakukan operasi sergap dan serbu laut secara mandiri kepada Damen pada 2017. Diperkirakan, kapal kedua berbobot 2.300 ton akan siap melaut pada pertengahan 2020.

Kapal ini menjadi korvet multirole yang dimiliki AL Pakistan yang sangat cocok untuk operasi keamanan anti-permukaan, anti-udara, dan maritim.

Korvet memiliki landasan helikopter untuk sebagai bagian dari misi pencarian dan penyelamatan, serta operasi pengawasan dan pengumpulan intelijen.

Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan tentang sistem atau senjata yang akan dipasang pada korvet terabru milik Pakistan ini.

Komentar