Kepala Bakamla Laksdya A. Taufiq Terima Kunjungan Kasal Australia Vice Admiral Michael Noonan

Info Maritim222 Dilihat

Jakarta, indomaritim.id – Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla) Laksamana Madya A. Taufiq R. menerima kunjungan Kepala Angkatan Laut (Kasal) Australia Vice Admiral Michael Noonan di Markas Besar Bakamla, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

Vice Admiral Michael Noonan yang didampingi oleh Australian Navy Attache CAPT Matt Brown, Deputy Commander Joint Task Force 661 CAPT Andrew Quinn, Ops HMAS Canberra LCDR Alexander Finnis, dan SPRI CN LEUT Ben Couch, tiba di Mabes Bakamla pukul 10.30 WIB. Rombongan disambut dengan Jajar Kehormatan Bersenjata personel Bakamla.

Laksdya Taufiq mengapresiasi kunjungan Angkatan Laut Australia ke Mabes Bakamla. “Kunjungan ini sekaligus menjadi bukti persahabatan Bakamla dan Australia yang telah terjalin dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga: Gelar Law of the Sea and Maritime Enforcement Training, Bakamla Undang 17 Negara

Pada pertemuan ini, Laksdya Taufiq menjelaskan rencana lima tahun Bakamla di masa mendatang sebagai Indonesian Coast Guard.Disampaikan pula beberapa kesulitan Bakamla dalam mengemban tugasnya sebagai coast guard.

“Hal ini mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan dengan karakteristik yang berbeda dengan negara mana pun. Salah satu upaya yang paling ampuh adalah dengan membangun hubungan kerja sama dengan negara tetangga, salah satunya menjadi bagian dari forum HACGAM,” ujar Laksamana Madya A. Taufiq R.

Pada kesempatan yang sama, Vice Admiral Michael Noonan menjelaskan kunjungan HMAS Canberra dalam Endeavour tahun 2019 ini merupakan bentuk kegigihan Australia dalam membangun hubungan yang kuat dengan negara tetangga khususnya di Asia.

Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla) Laksamana Madya A. Taufiq R. menerima kunjungan Kepala Angkatan Laut (Kasal) Australia Vice Admiral Michael Noonan. Foto: Dispenal
Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla) Laksamana Madya A. Taufiq R. menerima kunjungan Kepala Angkatan Laut (Kasal) Australia Vice Admiral Michael Noonan. Foto: Dispenal

“Hal ini dilakukan guna mewujudkan kerja sama ‘Defense to Defense Cooperation‘, untuk menciptakan koneksi sosial dan ekonomi yang lebih baik. Termasuk juga dalam aspek edukasi, sumber daya, bisnis, dan yang paling utama adalah keamanan yang lebih kuat di masing-masing wilayah perairan dan yurisdiksi negara,” ujarnya.

“Jika ada negara yang ingin menantang kedaulatan negara-negara disini, yang mereka lihat adalah militer kita yang terus bekerja sama, dan tidak akan mudah untuk memecahnya”, kata Noonan memungkasi.

Dalam pertemuan ini, Laksdya Taufiq didampingi oleh Plt. Sestama Laksma Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., Plt. Deputi Inhuker Bakamla Dade Ruskandar, S.H., M.H., Plt. Deputi Opslat Laksma Guntur Wahyudi, Plh. Direktur Kerja Sama Kolonel Salim, dan Kasubbag TU Kepala Bakamla Letkol Ridwansyah.

Komentar