Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro Hadiri Pertemuan International Hydrographic Organization

Info Maritim244 Dilihat

Geno, indomaritim.id – Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., yang saat ini menjabat Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) menghadiri pertemuan International Hydrographic Organization (IHO) Inter-Regional Coordinating Committee (IRCC), yang berlangsung di Genoa, Italia.

Pada pertemuan yang berlangsung 3-5 Juni 2019 itu, Kapushidrosal didampingi Direktur Pengamanan, Kerjasama dan Perbatasan (Dirpamkersamtas) Pushidrosal Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono, S.H., M. Tr (han), Kepala Dinas Hidrografi (Kadishidro) Kolonel Laut (P) Oke Dwiyana Pribadi, M.M. serta Letkol Laut (P) Franciscus Asisi.

Baca Juga: Serahkan Buku kepada Ma’ruf Amin, Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio Tukar Gagasan Potensi Maritim Indonesia

“Inter-Regional Coordination Committee (IRCC) merupakan organisasi sub committee dari IHO yang terdiri dari ketua-ketua dari RHC dan ketua sub committee IRCC memiliki kewenangan untuk mempertimbangkan perlunya mengintegrasikan dan koordinasi kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dari pendekatan regional, dan mempertimbangkan lebih lanjut bahwa Capacity Building dan penggunaan pengumpulan data kelautan yang lebih luas telah diidentifikasi sebagai tujuan strategis,” kata Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro.

“IRCC diharapkan dapat mengkaji ulang serta melaksanakan formulasi penyelarasan dan pengembangan standards, spesifikasi dan kriteria panduan teknis untuk produk-produk hidrografi yang terkait dengan produksi peta dan publikasi nautika pelayaran lainnya yang disusun dan diterbitkan oleh lembaga hidrografi negara anggota sesuai dengan international standards & specification yang telah ditetapkan oleh IHO,” ujarnya.

Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal), Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro. Foto: Dispenal
Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal), Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro. Foto: Dispenal

Ia menambahkan kegiatan ini dalam rangka menjamin keselamatan navigasi pelayaran bagi pengguna laut khususnya bidang pelayaran dan transportasi laut maupun pengguna aplikasi data hidrografi lainnya.

Pada forum IRCC tersebut, seluruh Regional Hydrographic Commission dibawah IHO melaporkan kemajuan serta perkembangan dari formulasi tata aturan teknsi serta spesifikasi dan standar teknis dengan mengadopsi kemajuan teknologi.

Baca Juga: Laksamana TNI Siwi Sukma Adji Terima Pelaporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira Tinggi AL

Setelah disepakati, akan di sahkan sebagai aturan atau acuan atau dapat juga sebgai revisi dari standar spesifikasi teknis produk peta dan publikasi keselamatan navigasi dan pelayaran yang telah berlaku sebelumnya.

“Peningkatan partisipasi serta peran aktif Pushidrosal di beberapa kegiatan sub committee IHO tersebut, juga telah memperoleh tanggapan positif dalam interaksi kelembagaan pada lingkup IHO, khususnya terhadap eksistensi Pushidrosal pada forum internasional,” lanjut Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro.

“Kontribusi positif dan peran aktif yang dibangun oleh Pushidrosal melalui korespondensi maupun kehadiran pada kegiatan-kegiatan IHO telah memberikan kepercayaan anggota IHO dan pejabat IHOg terhadap Pushidrosal sebagai lembaga hidrografi Indonesia,” ujar Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro memungkasi.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Komentar