KM Dobonsolo Angkut 1.542 Pemudik Gratis Kembali Ke Jakarta

Info Maritim42 Dilihat

Semarang, indomaritim.id – KM Dobonsolo yang mengangkut 1.542 orang peserta mudik balik gratis dan 665 unit sepeda motor berangkat dari Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Sabtu (8/6/2019) sore ini.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko bersama Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, Ahmad Wahid, melepas keberangkatan KM Dobonsolo.

“Keikutsertaan masyarakat dalam memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini, tentunya sangat membantu dalam menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya. Selain itu dengan mudik naik kapal ini, mereka bisa istirahat di dalam kapal, sehingga setelah sampai di Jakarta bisa melanjutkan perjalanan ke rumah masing-masing,” kata Wisnu Handoko.

Baca Juga: Angkut Pemudik Gratis, Sekjen Kementerian Perhubungan Djoko Sasono Lepas KM. Dobonsolo

Pemerintah, kata Wisnu Handoko, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengapresiasi dan berterima kasih kepada para pemudik yang telah mendaftar dan memanfaatkan kapal laut sebagai sarana transportasi untuk kembali ke Jakarta.

Wisnu juga mengatakan seperti pada arus mudik kemarin, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan pada tahun 2019 juga telah memberangkatkan peserta arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal sebanyak tiga kali yaitu pada tanggal 8, 10, dan 12 Juni 2019.

“Alhamdulillah hingga hari ini, pendaftar arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut sudah mencapai lebih dari 76 persen. Berikutnya KM. Dobonsolo akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada tanggal 10 dan 12 Juni 2019 setiap pukul 16.00 WIB dan diperkirakan akan tiba di Jakarta pada pukul 06.00 WIB di keesokan harinya,” jelas Wisnu.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko bersama Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, Ahmad Wahid, melepas keberangkatan KM Dobonsolo.
Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko bersama Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, Ahmad Wahid, melepas keberangkatan KM Dobonsolo. Foto: Humas Kemenhub

Sebelumnya, mudik gratis sepeda motor dengan kapal dari Jakarta ke Semarang telah dilaksanakan pada tanggal 30 Mei, tanggal 1 Juni, dan 3 Juni 2019. Tingkat keterisian kapalnya mencapai 86 persen.

Menurut Wisnu Handoko program mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini merupakan salah satu dukungan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk mewujudkan slogan mudik lebaran tahun 2019 ini, yaitu “Mudik Bareng, Asyik Lancar”.

“Para pemudik sepeda motor dengan kapal laut ini tidak dikenakan biaya apapun serta bisa menikmati fasilitas lainnya seperti berobat secara gratis dan hiburan di atas kapal. Pemerintah berharap dengan memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini, selain mengurangi angka kecelakaan, para pemudik juga dapat melakukan perjalanan dengan selamat, aman, dan nyaman,” ujar Wisnu.

Pemudik Gunakan Kapal Laut Melonjak

Pos Koordinasi (Posko) Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019 di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta mencatat 960.494 orang menggunakan kapal laut sebagai penumpang mudik Lebaran tahun 2019.

Kapal laut menjadi pilihan pemudik pada musim Lebaran 2019 ini. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang mengoperasikan terminal penumpang kapal laut di 13 pelabuhan juga menyebutkan, ada lonjakan jumlah penumpang arus mudik Lebaran tahun ini.

“Naik sekitar 22 persen dari tahun 2018 pada periode yang dimana saat itu tercatat 224.566 orang sebagian besar dari wilayah Indonesia Timur seperti Sampit, Kumai, Batulicin, Balikpapan, Banjarmasin, dan Makassar,” kata VP Corcom Pelindo III, Wilis Aji.

Beberapa faktor penyebab naiknya jumlah penumpang tersebut salah satunya, program mudik gratis dari Kementerian BUMN. Mudik gratis yang melibatkan 33 BUMN bersama menyelenggarakan program Mudik Bareng BUMN 2019 menggunakan kapal laut milik PT Pelni (Persero) juga turut menambah jumlah pemudik via kapal laut.

“Tahun lalu peserta mudik gratis bareng BUMN tahun 2018 mengakut sekitar 25 ribu orang dan kini di tahun 2019 dinaikkan hingga total sebanyak 52 ribu tiket gratis dimana 2.100 tiket disediakan gratis oleh Pelindo III,” ujar Wilis memungkasi.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Komentar