Sambut Arus Balik, Pertamina Siapkan Empat SPBU di sekitar Pelabuhan Merak

Info Maritim183 Dilihat

Merak, indomaritim.id – Mengantisipasi puncak arus balik yang diperkirakan terjadi hari ini Sabtu (8/6/2019), PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (III) memastikan pelayanan energi bagi masyarakat.

Pemudik asal Sumatera yang baru saja tiba di Pelabuhan Merak dapat memenuhi kembali bahan bakarnya pada empat SPBU di sekitar pelabuhan.

Empat SPBU tersebut yakni SPBU 34.42409 dan SPBU 34.42408 di Jl Terusan Tol Merak Cikuasa, SPBU 34.42410 dan 34.42402 di Jl Raya Merak, Grogol, Kota Cilegon.

Baca Juga: Sambut Pemudik, Pertamina Siapkan 10 SPBU Baru di Tol Trans Jawa

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami menghimbau kepada masyarakat agar kembali mengisi penuh BBMnya di SPBU untuk kenyamanan perjalanan.

“Tidak perlu menunggu setengah kosong, apabila menemui SPBU diharapkan tangki BBM kembali diisi penuh,” kata dia.

Sementara untuk ruas tol Merak – Jakarta, tersedia 3 SPBU di kilometer 68, KM 45, dan KM 13.

“Untuk meningkatkan ketahanan stok, kami juga telah menyiapkan 1 SPBU Kantong Siaga di SPBU 34.42109 di KM 68. SPBU Kantong ini disuplai dari Terminal BBM Tanjung Gerem, untuk pengisian SPBU,” jelasnya.

Pertamina Siaga di Ruas Tol Fungsional Terbanggi Besar

Pertamina mengungkapkan siap melayani pemudik yang memanfaatkan ruas tol fungsional Bakauheni hingga Kayu Agung pada masa Lebaran 2019. Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan, jalan Tol Trans Sumatera dari Bakauheni sampai Palembang sudah bisa dilalui pemudik pada tahun 2019 ini.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya, dari pelabuhan Bakauheni sampai Terbanggi Besar, tol sudah diresmikan dan dioperasikan, sementara dari Terbanggi Besar hingga Palembang akan dibuka fungsional mulai 29 Mei 2019.

“Untuk di ruas tol operasional Bakauheni – Terbanggi besar, Pertamina Siaga hadir dalam bentuk SPBU Modular di Rest Area Kilometer 33A, Km 87A dan 87B, serta Km 115A dan 115B, untuk Km 33B sementara kami siapkan Kiosk Pertamina Siaga. Khusus arus mudik dan balik, kami skenariokan di ruas Bakauheni dan Terbanggi Besar beroperasi 24 jam,” ujar General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel, Primarini.

Baca Juga: Catat Laba Rp 12 Triliun, Pertamina EP Cepu Bukukan Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah

Ia menambahkan, terdapat tiga produk utama yang disiapkan oleh Pertamina. Untuk Km 33A disiapkan Pertamax dan Dex dan Km 33B Pertamax dan Dex kemasan. Sedangkan untuk Km 87A dan 87B, disiapkan Pertamax dan Bio Solar sebanyak 11 KL, sedangkan, 115A dan 115B Pertamax dan Bio Solar sebesar 3 KL. Selain itu baik di km 87 dan 115 juga disiapkan Dex kemasan sebagai alternatif bahan bakar diesel.

Untuk ruas fungsional mulai dari Terbanggi Besar hingga Pematang Panggang, lebih banyak disiapkan Kiosk Pertamina Siaga untuk melayani arus mudik dan balik. Namun lanjut Primarini, SPBU Modular juga disiapkan di dua rest area, di Km 215B dan 234A yang menyediakan produk Pertamax dan Dex.

“Kami siapkan stok sebesar 3 KL Pertamax dan Dex untuk melayani pemudik dari jam 6 pagi hingga 17 sore sesuai jam operasional tol fungsional yang berlaku. Rencananya juga akan ada tambahan tangki kapasitas 24 KL di Km 215B untuk memastikan pelayanan prima bagi pemudik,” kata Primarini.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Komentar