Dinas Penyelamatan Bawah Air Komando Armada III Gelar Latihan Khusus Selam

Info Maritim270 Dilihat

Sorong, indomaritim.id –  Personel Dinas Penyelamatan Bawah Air Komando Armada (Dislambair Koarmada) III melaksanakan latihan khusus selam yang diberi nama “K-1”. Latihan yang berlansung selama kurang lebih satu bulan ini bertempat di pantai Klaligi, Sorong, Papua Barat.

“Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme, pengetahuan, kemampuan fisik, mental dan keterampilan personel Penyelam Dislambair Koarmada III dalam penguasaan penggunaan alat selam scuba,” kata Kepala Dislambair Letkol Laut (KH) Akhmad Fauzi, S.Pd., selaku Perwira Pelaksana Latihan, Senin (17/6/2019).

“Juga sebagai penguasaan pengelasan atas atau bawah air dan fotografi atas bawah air baik secara perorangan maupun dalam tim untuk menunjang tugas operasi penyelaman,” lanjutnya.

Letkol Laut (KH) Akhmad Fauzi menyebut, latihan tersebut merupakan salah satu upaya pembinaan mental, fisik, dan keterampilan anggota penyelam Dislambair Koaramda III agar senantiasa siap melaksanakan tugas, kapan dan dimanapun dibutuhkannya.

“Latihan ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu Gladi Posko di Dislambair Koarmada III dan Gladi Lapangan di perairan Klaligi,” ujar Letkol Laut (KH) Akhmad Fauzi memungkasi.

Latihan tersebut memantapkan dan meningkatkan personel Dislambair Koarmada III dalam melaksanakan submarine reque, combat salvage, combat SAR dan Mine Counter Measure, mahir dalam melaksanakan deep diving observation, general underwater construction, obstacle setting, mine laying dan harbor clearance.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga