TNI AL Gelar Seminar Pembinaan Ketahanan Wilayah di Danau Tondano Sulawesi Utara

Info Maritim296 Dilihat

Minahasa, indomaritim.id – Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmar), Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas, membuka Seminar Pemberdayaan Ekonomi dan Kepedulian Lingkungan di Kabupaten Minahasa, bertempat di Danau Tondano, Kelurahan Kaweng, Kecamatan Kakas, Sulawesi Utara, Senin (17/6/2019).

“Pembinaan ketahanan wilayah bertujuan untuk meningkatkan pertahanan negara, kedulatan dan keutuhan NKRI terutama dalam bidang potensi maritim,” kata Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas.

Baca Juga: Belum Tergarap, Begini Potensi Energi Arus Laut di Indonesia

Lebih lanjut Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas menyampaikan, kegiatan dalam bentuk bakti sosial dan komunikasi sosial bertujuan untuk mewujudkan kesadaran masyarakat dalam bela negara, rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme yang tinggi serta membantu pelaksanaan program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Implementasi pemberdayaan wilayah pertahanan laut dilaksanakan melalui kegiatan pembinaan potensi maritim melalui metode pembinaan ketahanan wilayah, komunikasi sosial dan bakti TNI,” ujarnya.

Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas juga menambahkan kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian TNI AL untuk ikut membantu program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Baca Juga: Laksamana Pertama TNI Dr. Ivan Yulivan: Persiapkan Diri Hadapi Revolusi Industri 4.0

Kegiatan yang melibatkan sekitar 1.000 orang tersebut meliputi pelayanan kesehatan berupa kesehatan umum, bakti sosial, pemberian sembako, pembersihan dan pengolahan eceng gondok menjadi pupuk pertanian, pakan ternak dan bahan bakar alternatif. Tidak hanya itu dalam kegiatan tersebut juga dimeriahkan demontrasi dan pameran kemaritiman.

Dalam acara yang dihadiri para pejabat Pemda Kabupaten Minahasa ini, Kadispotmar mengharapkan agar para peserta mampu memandang secara luas potensi yang ada dari tanaman eceng gondok yang jika dimanfaatkan secara optimal akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Kabupaten Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si., Danlantamal VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Moses Sipasulta M.Mar.Stud., Kasubdis Dayaguna Dispotmar Kolonel Laut (P) Joni Siahaan S.M., M.Sc., selaku Dansatgas, Jajaran Pemda dan Camat, Wakil Kapolres Minahasa, Danramil, FKPD Kabupaten Minahasa, serta kelompok Nelayan sekitar Danau Tondano.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Komentar