Lantik 55 Pejabat, Jonan: Rotasi Jabatan Jalan untuk Hasilkan Pemimpin yang Baik

Industri Maritim225 Dilihat

Jakarta, indomaritim.id – Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali melantik 55 orang Pejabat di Lingkungan Kementerian ESDM, di Jakarta, hari ini Selasa, (19/6/2019).

Menteri Jonan menyatakan bahwa rotasi pegawai selain baik untuk menyegarkan organisasi, sekaligus bagian dari mempersiapkan pemimpin yang baik bagi organisasi dengan mempromosikan pegawai yang menguasai banyak bidang.

“Di Kementerian ESDM kepemimpinan semakin lama semakin baik, salah satu cara untuk menghasilkan pemimpin yang baik adalah merotasi pegawai sehingga saat mempromosi pegawai naik itu punyai wawasan yang jauh lebih baik dari atasan-atasannya,” kata Ignasius Jonan.

Baca Juga: Begini Peluang Indonesia Ditengah Perang Dagang Amerika-Tiongkok

“Kalau tidak, Pemerintah tidak bisa merespon perubahan zaman dengan tantangannya yang semakin lama semakin besar,” lanjutnya.

Proses rotasi lanjut Jonan, akan membuat pegawai yang dirotasi kembali akan mempelajari hal-hal yang baru yang sebelumnya tidak diketahui jadi semangat untuk maju itu tetap ada.

Baca Juga: Ego Syahrial: Pemerintah Targetkan Reklamasi Lebih Dari 7.000 Hektar

“Jangan pernah merasa umurnya sudah tua, karena umur itu sepenuhnya bukan punya kita tapi punya Tuhan. Jadi menurut saya selama hayat masih dikandung badan harus punya semangat untuk mengikuti zaman,” lanjut Jonan.

Rotasi dan promosi pegawai di lingkungan Kementerian ESDM ini rutin dilakukan untuk penataan, penyegaran dan kebutuhan organisasi dengan memaksimalkan potensi masing-masing pegawai.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga