Indonesia Siap Kirim Tenaga Kerja Terampil Untuk Slowakia dan Eropa

Industri Maritim256 Dilihat

Bratislava, indomaritim.id – Indonesia siap mengirim tenaga kerja terampil untuk Slowakia dan Eropa Tengah. Saat ini, pasar tenaga kerja Slowakia membutuhkan sekitar 40-50 ribu tenaga kerja terampil untuk mengisi kekurangan terutama di sektor manufaktur otomotif dan elektonik.

Pemerintah Slowakia telah membuka pintu bagi masuknya tenaga asing dengan kualifikasi yang dibutuhkan dari negara lain, termasuk dari Indonesia.

Baca Juga: Perusahaan Slowakia Tertarik Garap Infrastruktur Bandara dan Jalan Tol

Peluang tenaga kerja terampil Indonesia di Slowakia menjadi pembahasan di acara informal business luncheon untuk kalangan pengusaha dan investor yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bratislava, Selasa (18/6 2019).

Pertemuan bisnis yang dihelat KBRI Bratislava ini dihadiri oleh puluhan tamu undangan yang berasal dari kalangan pemerintah, bisnis, Kamar Dagang Indonesia-Slowakia, hingga pengacara.

Dari pemerintah Slowakia , hadir Stephan Rozkopal, Kepala Kantor Kepresidenan Slowakia. Karla Wursterova, Dirjen OI Kementerian Luar Negeri Slowakia, Direktur dan Dirjen Ekonomi Kementerian Luar Negeri Slowakia, serta dua mantan Dubes Slowakia di Indonesia.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Slowakia, H.E. Adiyatwidi Adiwoso Asmady menjamu tokoh pemerintahan Slowakia di acara informal business luncheon untuk kalangan pengusaha dan investor. Foto: Istimewa
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Slowakia, H.E. Adiyatwidi Adiwoso Asmady menjamu tokoh pemerintahan Slowakia di acara informal business luncheon untuk kalangan pengusaha dan investor. Foto: Istimewa

Pertemuan ini juga diikuti oleh Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) di London, Inggris, dan PT. Binamandiri Muliaharja, pengerah tenaga kerja profesional Indonesia yang melakukan serangkaian pertemuan bisnis dan networking dengan pebisnis Slowakia.

Wakil Kepala IIPC London, Binsan Siregar mempromosikan beberapa proyek investasi di Indonesia, terutama di sektor infrastruktur, energi, dan pengolahan sampah.

Sementara Karnaka dan Kristiana dari PT. Binamandiri melakukan pertemuan dengan pengusaha Slowakia untuk membahasa permintaan tenaga kerja untuk industri Slowakia dan Eropa.

Baca Juga: Perkuat Perdagangan Jasa, Menteri Ekonomi ASEAN Tandatangani Perjanjian Perdagangan Jasa

PT. Binamandiri telah melayani sejumlah permintaan dari pihak Slowakia, baik untuk memenuhi pasar tenaga kerja Slowakia maupun menginformasikan sejumlah peluang di negara Eropa lainnya.

Dalam waktu dekat, PT. Binamandiri akan mengirimkan sekitar 20 tenaga kerja profesional Indonesia yang akan bekerja di industri manufaktur Slowakia dan sedang mempersiapkan 80 calon tenaga kerja terampil lainnya pada sektor komunikasi.

Selain dua sektor tersebut, PT. Binamandiri telah menerima permintaan tenaga profesional Indonesia untuk bekerja di sektor lainnya, yakni perawat, hospitality, manufaktur alat berat, dan elektronik untuk bekerja di Slowakia dan Eropa Tengah.

Pengusaha Slowakia berbagi tips bisnis di Indonesia di acara informal business luncheon untuk kalangan pengusaha dan investor yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bratislava. Foto: Istimewa
Pengusaha Slowakia berbagi tips bisnis di Indonesia di acara informal business luncheon untuk kalangan pengusaha dan investor yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bratislava. Foto: Istimewa

Pada acara tersebut, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Slowakia, H.E. Adiyatwidi Adiwoso Asmady menyampaikan ucapan terima kasih kepada kalangan bisnis Slowakia yang telah mengikuti kunjungan bisnis ke Indonesia pada Oktober 2018 dan serangkaian pertemuan bisnis forum di beberapa kota di Slowakia.

“Hal ini menunjukkan bahwa Slowakia melihat potensi bisnis dan investasi yang masih luas yang dapat dikembangkan, khususnya mengenai pengelolaan sampah, infrastruktur tol, bandara, dan energi. Sebaliknya Indonesia juga siap mengisi kekurangan tenaga kerja terampil di Slowakia,” kata Dubes RI Adiyatwidi Adiwoso Asmady.

Dirjen Kerja Sama Ekonomi Kementerian Luar Negeri Slowakia, Ambassador H.E. Dusan Matulay juga menyampaikan apresiasinya untuk berbagai forum bisnis antara Indonesia dan Slowakia yang diselenggarakan oleh KBRI Bratislava.

Menurutnya, banyaknya kehadiran kalangan bisnis yang hadir menunjukkan minat yang tinggi dari Slowakia untuk menggali potensi kerja sama kedua negara di bidang ekonomi yang masih terbuka luas.

H.E. Dusan Matulay mendorong para pengusaha Slowakia untuk dapat merealisasikan hasil penjajakan bisnis yang telah dilakukan baik saat kunjungan ke Indonesia maupun pertemuan forum bisnis yang diselenggarakan di Slowakia.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga