Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal Buka Kursus Fotografi dan Photoshop TNI AL

Info Maritim265 Dilihat

Jakarta, indomaritim.id – Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc.Sc. secara resmi membuka kegiatan Kursus Fotografi dan Photoshop TNI Angkatan Laut Tahun 2019 bertempat di Gedung B4 Lantai 1, Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (24/6/2019).

Kursus Fotografi ini diselenggarakan oleh Dispenal, sebagai bagian dari pembinaan personel sekaligus sebagai bentuk kepedulian dan perhatian dinas guna meningkatkan profesionalisme personel TNI Angkatan Laut, khususnya di bidang fotografi yang merupakan bagian lingkup kerja jajaran penerangan.

Baca Juga: Bertemu Jay Subijakto, Kadispenal Laksma Mohamad Zaenal Bahas Biografi Mantan Kasal

Kegiatan yang berlangsung selama dua minggu ini diikuti 24 personel TNI Angkatan Laut, baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS dari seluruh satuan TNI AL di Indonesia.

Kegiatan ini menghadirkan tim pengajar dari Syahdu Film Yogyakarta, yaitu Bapak Wawan Sumarmo beserta tim. Kursus ini menitik beratkan pada materi pengenalan dan pemahaman fungsi model kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR), Dasar-dasar Fotografi, Pengenalan dan Perawatan Alat, Teknik-teknik Pengambilan Gambar (Angle Komposisi, Pencahayaan), Praktik Fotografi, Foto Jurnalistik, Pengenalan Drone, Etika Peliputan, Dasar Photoshop, Praktik Photoshop, Pengenalan Kamera Bawah Air, Pembuatan Banner/Spanduk, Pembuatan Leaflet, Cover Majalah, Dasar-dasar Jurnalistik, dan Foto History.

Baca Juga: Dinas Penerangan Angkatan Laut Terima Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Inspektorat Jenderal

Kadispenal dalam kesempatan tersebut antara lain menyampaikan bahwa kursus ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan ilmu dan pengetahuan dasar fotografi dan photoshop kepada personel di jajaran Angkatan Laut, sehingga mampu menumbuhkan kemandirian dalam menghasilkan dokumentasi yang berkualitas setiap kegiatan di setiap satuan Angkatan Laut.

“Selain itu, kursus ini juga digelar karena TNI AL sangat menyadari bahwa setiap personel harus mampu berperan sebagai insan public relation bagi institusinya yang menjadi etalase dan representasi bagi institusi Angkatan Laut di mata masyarakat,” ujar Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal.

“Oleh karenanya, diharapkan dengan kursus ini seluruh satuan kerja dapat berkontribusi menyajikan dokumentasi yang baik dalam pembangunan citra TNI AL di masyarakat, guna mendukung tugas TNI AL secara keseluruhan,” ungkap Kadispenal.

Turut hadir pada acara ini, para Kasubdis Dispenal serta para Pejabat terkait lainnya.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga