Konferensi Tingkat Tinggi ke-34, ASEAN Sepakat Perkuat Integrasi Kemitraan Berkelanjutan

Info Maritim252 Dilihat

Bangkok, indomaritim.id – Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Enggartiasto Lukita, kembali mendampingi Presiden Joko Widodo pada rangkaian kegiatan di hari terakhir penyelengaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand, Minggu (23/6/2019).

Forum tertinggi ASEAN tersebut menekankan pentingnya kerja sama yang berkelanjutan untuk mencapai masyarakat ASEAN yang berpusat pada masyarakat (people-centred), berorientasi pada masyarakat (people-oriented), dan berwawasan ke depan sehingga seluruh negara anggota ASEAN semakin solid dan bersatu menghadapi situasi dan tantangan regional dan global yang berubah dengan cepat.

Baca Juga: Pertamina and Petronas Sign MoU on Business Develepoment

“Pemimpin negara ASEAN menegaskan kembali mengenai pentingnya untuk bersatu dan menjaga kekompakan ASEAN dalam membangun masyarakat ekonomi ASEAN serta menjaga hubungan dengan mitra eksternal,” kata Enggartiasto Lukita.

Pada pilar ekonomi, KTT ASEAN ke-34 membahas mengenai sejumlah program prioritas pada masa keketuaan Thailand tahun ini. Program prioritas tersebut antara lain penyusunan ASEAN Digital Integration Framework Action Plan (DIFAP) untuk integrasi ekonomi digital dan pelaksanaan ASEAN Single Window (ASW) untuk mewujudkan integrasi ekonomi ASEAN.

Selain itu, pertemuan KTT ASEAN ke-34 juga menekankan pentingnya konektivitas antarwilayah. ASEAN akan meningkatkan konektivitasnya dengan implementasi Master Plan on ASEAN Connectivity (MPAC) 2025, serta akan melakukan pendekatan yang holistik untuk menghadapi revolusi industri 4.0, antara lain dengan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga