Presiden Joko Widodo Lantik 781 Perwira TNI-Polri di Istana Merdeka Jakarta

Info Maritim431 Dilihat

Jakarta, indomaritim.id – Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, melantik 781 Perwira TNI dan Polri lulusan Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara dan 306 Akademi Kepolisian di lapangan Istana Merdeka Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Pada acara pelantikan tersebut, Presiden Joko Widodo mengambil sumpah para perwira TNI dan Polri secara bersamaan. Ratusan perwira mengikuti sumpah yang dibacakan oleh mantan gubernur Jakarta itu.

Presiden juga mengingatkan, bahwa perwira TNI dan Polri yang baru ini harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, perwira yang baru ini juga harus memiliki mental dan karakter yang tangguh, tanggap, cepat dan cerdas.

Baca Juga: Marsekal TNI Hadi Tjahjanto: Taruna Akademi TNI dan Akpol Merupakan Investasi Bangsa

“Ada karakter kebangsaan yang kokoh menjaga NKRI dan menjaga Pancasila yang sejati. Tanggung jawab saudara sangat besar. Saudara harus terus melindungi Pancasila dari gempuran gelombang ideologi-ideologi luar. Saudara harus menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menjaga toleransi terhadap perbedaan antaranak bangsa. Saudara harus terus menjaga persatuan dalam keberagaman Indonesia,” katanya.

“Atas nama pribadi, atas nama masyarakat, atas nama bangsa dan negara saya menyampaikan selamat atas pelantikan saudara-saudara sebagai perwira,” kata Jokowi.

Sebanyak 781 PerwiraTNI dan Polri yang dilantik terdiri dari terdiri dari 259 Akademi Militer (244 putra, 15 putri), 117 Akademi Angkatan Laut (103 putra, 14 putri), 99 Akademi Angkatan Udara (90 putra, 9 putri) dan 306 Akademi Kepolisian (256 putra, 50 putri).

Baca Juga: Laksamana TNI Siwi Sukma Adji Wisuda Sarjana Taruna Akademi Angkatan Laut

Adapun Peraih penghargaan Adhi Makayasa Taruna dan Taruni TNI-Polri kelulusan tahun 2019 sebagai berikut: Letda Cpn Fajar M. Al Farouk, S.Tr.Han. (TNI AD), Letda Laut (P) Ariz Pama Yudhaprawira, S.Tr.Han. (TNI AL), Letda Tek M. Ihza Nurrabanni, S.Tr.Han. (TNI AU) dan Ipda Pol Muhammad Idris, S.Tr.K. (Polri).

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Polisi H.M. Tito Karnavian, P.hD., Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E., M.M., turut menyaksikan pelantikan perwira yang sebelumnya mengikuti pendidikan di Akademi Angkatan maupun Akademi Kepolisian selama empat tahun.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga