Serah Terima Jabatan Komandan Pusat Polisi Militer TNI AL

Nasional222 Dilihat

Jakarta, indomaritim.com – Jabatan Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) resmi diserahterimakan dari Mayjen TNI Marinir I Made Wahyu Santoso kepada Laksamana Pertama TNI Samista dalam sebuah upacara yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Selasa (13/6/2023) di Mako Puspomal, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kasal saat serah terima jabatan mengatakan, sebagai center of discipline, Pomal harus selalu pro aktif guna mencegah dan menyelesaikan setiap pelanggaran disiplin, maupun menjauhkan segala tindak pidana di lingkungan TNI AL. Melalui keteladanan di dalam bersikap, menjunjung tinggi penegakan hukum dan disiplin dalam melaksanakan aturan bagi prajurit TNI AL lainnya.

“Kalian adalah garda terdepan demi tegaknya hukum di lingkungan TNI AL, jaga kredibilitas itu dengan kinerja, dedikasi serta profesional dalam bertugas, tidak pandang bulu dan tanpa tebang pilih dalam memproses tindakan pelanggaran hukum, menegakkan aturan dengan tegas dan adil, demi menjaga kehormatan dan integritas TNI AL”, ucap Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali.

Pejabat Komandan Puspomal yang baru Laksamana Pertama TNI Samista merupakan perwira tinggi TNI AL angkatan ke-37 tahun 1991. Sebelum menjadi Komandan Puspomal, sejumlah jabatan strategis telah dilalui oleh lulusan PPRA Angkatan – 59 Lemhannas ini.

Bagi Laksma Samista penugasan di Satuan Polisi Militer bukan hal yang baru. Tercatat Laksma TNI Samista pernah menjabat sebagai Danpomal Lantamal III Jakarta pada tahun 2014, kemudian dipercaya menjadi Danpusdik Pomal Kodiklatal Surabaya tahun 2016, serta sempat mejabat sebagai Danpom Koarmada I di tahun 2018.

Dalam kesempatan ini juga Kasal menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Mayjen TNI Marinir I Made Wahyu Santoso, atas dedikasi dan pengabdian luar biasa yang telah dipersembahkan selama mengemban jabatan sebagai Danpuspomal.

“Selamat kepada Laksamana Pertama TNI Samista, yang telah memperoleh amanah dan kepercayaan untuk meneruskan kepemimpinan organisasi sebagai Danpuspomal. Saya sangat yakin, dengan kapasitas yang dimiliki, Laksamana akan mampu mengemban amanah ini dengan baik”, tegas Kasal. (HAA).

Komentar