Wadan Kodiklatal Tinjau Lattek Siswa Kodikopsla di Probolinggo

Info Maritim23 Dilihat

Probolinggo, indomaritim.com – Dalam rangka memantapkan naluri tempur prajurit pelaut, Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono meninjau pelaksanaan Latihan Praktek (Lattek) Menembak Artileri dan Demolisi di Daerah Latihan (Rahlat) Lapangan Tembak (Lapbak) Paiton Probolinggo, Rabu (5/6/2024).

Kegiatan ini diikuti siswa Dikspespa, Dikmaba, Dikmata Sekolah Artileri (Seart) dan Sekolah Senjata Bawah Air (Sesenbar) Pusat Pendidikan Pelaut (Pusdikpel) Kodikopsla Kodiklatal.

Adapun Siswa Pusdikpel yang mengikuti Lattek terdiri dari; 12 Siswa Dikspespa Pelaut TA 2024 meliputi 6 Siswa Kejuruan Senjata Atas Air (SAA) dan 6 Siswa Kejuruan Senjata Bawah Air (SBA). Sedangkan dari Siswa Dikmaba 43/2 TA 2023 terdiri dari 10 Siswa Seart Kejuruan SAA dan 10 Siswa Sesenbar Kejuruan SBA. Selain itu, 33 Siswa Dikmata 43/2 TA 2023 terdiri dari 23 Siswa Seart Kejuruan Meriam (MER) 13 Siswa dan 10 Siswa dari Kejuruan Rudal (RDL). Sedangkan Sesenbar mengirimkan 10 Siswa dari Kejuruan Torpedo Roket dan Bom (TRB).

Dalam kegiatan ini, Wadan Kodiklatal beserta Pejabat Utama (PJU) Kodiklatal mengunjungi setiap posko latihan dan menyaksikan Latihan Penembakan Meriam Kal 37 mm, 40 mm, dan Metraliur 12,7 mm. Selanjutnya, meninjau gedung Gunnery Firing Range (GFR) dan menyaksikan Latihan Penembakan Meriam Otomelara Kal 76 mm dari Ruang Kendali (PIT) yang diakhiri dengan Latihan Demolisi.

Laksda Eko Wahjono dalam pengarahannya menjelaskan agar para siswa memperdalam apa itu “Demolisi” dan memanfaatkan kecanggihan alat teknologi (media sosial) untuk menambah wawasan dan pengetahuannya di era digital sekarang ini.

“Kalian nanti di kelas diajari teori, perdalam apa itu Demolisi. Kalau kamu tidak memperdalam secara mandiri di jiwamu, tidak kamu tanamkan di jiwamu kamu akan digilas oleh alam. Oleh karena itu, tanamkan di dalam dirimu, bahwa saya harus maju dan menguasai kemampuan saya. Jadikan dirimu di TNI Angkatan Laut karena kemampuan”, pesan Laksda TNI Eko Wahjono.

Pati berbintang dua tersebut juga berpesan kepada para pelatih agar tidak mengajari pelajaran yang normatif-normatif saja, berikan motivasi sehingga meningkatkan semangat juang yang tinggi para siswa.

“Dankodiklatal selalu mengharapkan kepada kita untuk kerja keras dan tidak pernah bohong. Bekerjalah sekeras-kerasnya, secerdas-cerdasnya, sepandai-pandainya, serta memanfaatkan sarana prasarana yang kamu miliki. Pengetahuan teknologi melalui gadget yang kamu miliki untuk mendukung profesimu, supaya kamu bisa naik (wawasan). Satu-satunya hanya dirimu sendiri yang bisa naikkan dirimu, bukan orang lain, bukan kita”, tegas Wadan Kodiklatal di akhir pengarahannya.

Tampak hadir dalam peninjauan Lattek di Paiton yaitu, Dirdik Kodiklatal, Laksma TNI Askari, Dirlat Kodiklatal, Brigjen TNI Marinir Widodo, Dirdok Kodiklatal, Laksma TNI May Franky Pasuna Sihombing, Dankodikopsla, Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah, Paban III Kurdik Ditdik Kodiklatal, Kolonel Laut (KH) Hudi, Danpusdikpel Kodikopsla Kodiklatal, Letkol Laut (P) R. Muhammad Candra Wirabraja, Danseart Letkol Laut (P) Agus Sulistyo, serta Dansesenbar Letkol Laut (P) Makhfud Abdullah. (WG).

Komentar