Rawan Penyelundupan, Polisi Jaga Ketat Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok

Jasa Maritim154 Dilihat

Muntok, indomaritim.id – Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat pengamanan keluar masuk penumpang di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok untuk mencegah terjadinya tindak kriminal.

“Pengamanan dilakukan dengan mengecek langsung barang bawaan dan kartu identitas seluruh penumpang yang akan menyeberang maupun datang,” kata Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto melalui Kepala Bagian Operasional Kompol Febriandi Haloho di Muntok, Minggu (24/2/2019).

Dia mengatakan jalur penyeberangan utama yang menghubungkan Pulau Sumatera dengan Pulau Bangka tersebut setiap harinya cukup ramai, baik penumpang pejalan kaki maupun yang menggunakan kendaraan pribadi dan angkutan barang.

Kondisi seperti itu dinilai cukup rawan terjadinya penyelundupan berbagai bahan narkoba dan barang tindak kriminal lain yang dikirim antarpulau.

“Dengan pengetatan pengamanan kami harapkan bisa mencegah dan menekan angka kriminalitas sekaligus mempersempit gerak jaringan peredaran narkoba,” katanya.

Pengecekan secara cermat terhadap penumpang orang dilakukan terhadap penumpang kapal feri, baik yang turun maupun yang akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok dilakukan personel tim gabungan Polres Bangka Barat.

Selain itu, terhadap kendaraan yang turun dan akan menyeberang juga dilakukan pengecekan terhadap barang bawaan, identitas pengendara dan kelengkapan kendaraan.

“Kami terus memantau keberangkatan dan kedatangan kapal serta mengimbau agar tidak mengangkut barang yang dilarang,” katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan surat-surat kendaraan dan barang bawaan kendaraan ditemukan sebuah truk yang kelebihan muatan, kemudian ditindak dengan penilangan oleh personel Satlantas.

“Dalam penertiban tersebut, kami tidak menemukan adanya kendaraan yang bermuatan barang-barang ilegal atau hasil kejahatan maupun penumpang orang yang membawa narkoba dan senjata tajam,” kata Febriandi.

Komentar