Danmenkav 2 Mar Kolonel Mar Arif Handono: TNI Selalu Bersikap Netral Mengawal NKRI Sesuai Konstitusi

Info Maritim328 Dilihat

Surabaya, indomaritim.id – Kolonel Mar Arif Handono, S.A.P yang saat ini menjabat Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Danmenkav 2 Mar ) menegaskan, Korps Marinir sebagai bagian tak terpisahkan dengan TNI yang selalu bersikap netral dan mengawal NKRI sesuai dengan konstitusi.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat memimpin gelar apel bersama yang diikuti 385 personel, di Lapangan Apel Ksatrian Marinir Soepraptono Semarung, Ujung, Surabaya, Jumat (19/04/2019).

Baca Juga: Mayor Jenderal TNI Mar. Suhartono Tegaskan Marinir Siap Amankan Pemilu 2019

“Perlu diingat kembali peran serta prajurit Korps Marinir pada saat reformasi tahun 1998 telah dapat kita laksanakan dengan baik, dimana Korps Marinir sebagai bagian tak terpisahkan dengan TNI yang selalu bersikap netral, mengawal NKRI sesuai dengan konstitusi,” kata Kolonel Mar Arif Handono.

“Tanamkan selalu jati diri kita sebagai prajurit TNI yang senantiasa berpegang kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI, Trisila TNI AL dan 6 Tuntunan Prajurit Korps Marinir sebagai landasan moral dalam pelaksanaan tugas Pengamanan Pemilu tahun 2019 ini, sehingga dimanapun dan kapanpun kita bertugas dapat melaksanakan dengan baik,” kata Danmenkav 2 Mar.

Gelar  apel bersama 385 personel marinir di Lapangan Apel Ksatrian Marinir Soepraptono Semarung, Ujung, Surabaya. Foto: Dispenal
Gelar apel bersama 385 personel marinir di Lapangan Apel Ksatrian Marinir Soepraptono Semarung, Ujung, Surabaya. Foto: Dispenal

“Menyikapi hasil sementara Pemilu 2019 yang telah dilaksanakan dengan hasil perhitungan yang dilakukan oleh masing-masing kubu baik 01 maupun 02 mengklaim kemenangan yang cenderung dapat berpotensi menimbulkan gesekan apabila tidak disikapi dengan bijaksana antar pendukungnya,” ujarnya.

Kolonel Mar Arif Handono menambahkan, sebagai Prajurit Marinir harus selalu siap, baik personel maupun material yang dimiliki sebagai Prajurit Kavaleri Marinir.

Diakhir amanatnya, Danmenkav 2 Mar mengingatkan bahwa rangkaian Pemilu belum berakhir.

“Kita harus selalu waspada mengantisipasi perkembangan yang mungkin terjadi. Oleh karena itu agar terus pelihara semangat dan kondisi mental serta fisik dan selalu memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT agar kita senantiasa mendapatkan perlindungan dan keselamatan,” tukas Kolonel Mar Arif Handono.

Ia juga mengucapkan selamat melaksanakan ibadah Paskah bagi prajurit Menkav 2 Mar yang beragama Nasrani.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadanmenkav 2 Mar Letkol Mar M. Rizal,S.E,M.M, Para Perwira Staf Menkav 2 Mar, Para Dansatlak Menkav 2 Mar, dan Perwira jajaran Menkav 2 Mar

Komentar