Brigjen TNI Dwi Darmadi: Latihan Terjun Bebas Militer Tunjang Peleton Pandu Satuan Para Raider

Info Maritim225 Dilihat

Maros, indomaritim.id –  Brigade Infanteri Para Raider 3 Kostrad melaksanakan latihan Terjun Bebas Militer (TBM) Penyegaran TA. 2019 di Desa Simbang, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (7/5/2019).

“Kegiatan latihan terjun ini merupakan agenda tahunan dari Kostrad yang bertujuan untuk mengasah kemampuan operasi lintas udara bagi prajurit yang berkualifikasi free fall sebagai Kelompok Depan Operasi Linud (KDOL),” kata Kepala Staf Divisi 3 Kostrad, Brigjen TNI Dwi Darmadi.

Baca Juga: Pangdivif 1 Kostrad Mayjen TNI Agus Rohman Periksa Pasukan Penjaga Perbatasan Indonesia – Malaysia

Didampingi Komandan Brigif PR 3 Kostrad Letnan Kolonel Inf Susilo saat meninjau latihan penerjunan TBM, ia menambahkan prajurit Kostrad rutin melakukan latihan agar kemampuan free fall tetap terpelihara.

“Latihan Terjun Bebas Militer ini guna meningkatkan kemampuan manuver dan infiltrasi sehingga dapat menunjang tugas pokok Peleton Pandu Satuan Para Raider yang kedepannya banyak tantangan dan gangguan yang mungkin terjadi,” ujar Brigjen TNI Dwi Darmadi.

Latihan Terjun Bebas Militer kali ini diikuti oleh seluruh personel yang berkualifikasi free fall dari jajaran Brigif Para Raider 3 Kostrad dengan jumlah peterjun 30 personel.

Brigade Infanteri Para Raider 3 Kostrad melaksanakan latihan Terjun Bebas Militer (TBM) Penyegaran . Foto: Puspen Kostrad
Brigade Infanteri Para Raider 3 Kostrad melaksanakan latihan Terjun Bebas Militer (TBM) Penyegaran . Foto: Puspen Kostrad

Mereka terdiri dari 20 orang dari Peleton Pandu Brigade Para Raider 3 Kostrad, satu orang Yonif Para Raider 431 Kostrad, empat Orang prajurit dari Yonif Para Raider 432 Kostrad dan lima orang dari Yonif Para Raider 433 Kostrad.

Pelaksanaan kegiatan dimulai dari tanggal 4 April sampai 5 April 2019, menggunakan droop zone Desa Simbang, dengan menggunakan Pesawat Jenis Hercules Short Body A-1316 dengan Pilot Kapten Pnb Endrik, Copilot Lettu Pnb Sony dan Letda Pnb Bima.

Mereka terbang di ketinggian 8.000 feet dan melakukan dua hari penerjunan. Setiap harinya 1 shorty terdiri dari 2 run, run 1 sebanyak 15 orang dipimpin oleh Lettu Goalden Adhie Putra Pasi-3/Pers Yonif PR 432 Kostrad dan run ke 2 sebanyak 15 orang dipimpin Lettu Inf Pusdika Daniel Arif Pasi-2/ops Yonif PR 432 Kostrad.

Sementara itu, antusiasme warga Kampung Simbang menyaksikan latihan terjun yang dilakukan oleh prajurit Brigif PR 3 Kostrad, karena selama ini masyarakat setempat hanya bisa menyaksikan kegiatan latihan terjun hanya melalui layar televisi.

Terpantau masyarakat tumpah ruah menyaksikan latihan tersebut serta ucapan terimakasih dari masyarakat atas diselenggarakannya latihan terjun penyegaran di Desa Simbang yang menjadi tempat tinggal mereka.

Komentar