Kepala Staf Kolinlamil Pantau Sidang Pemantauan Akhir Seleksi Tamtama

Nasional623 Dilihat

Jakarta, indomaritim.com – Komando Lintas Laut Militer menggelar sidang pemantauan akhir (pantukhir) seleksi Tamtama Teladan Kolinlamil tahun 2023 yang dipimpin oleh Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Singgih Sugiarto, Kamis (8/6/2023) di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sidang tersebut menghadirkan 15 Tamtama Kolinlamil yang seluruhnya berpangkat Kopral Dua dengan berbagai macam kejuruan/korps, dan seluruhnya berdinas sebagai prajurit pengawak KRI.

Untuk menjadi Tamtama teladan, seorang prajurit harus memiliki beberapa kriteria yang ditetapkan di antaranya adalah memiliki kepribadian dan disiplin yang tinggi terwujud dalam perilaku ketaatan beragama, budi pekerti, ketaatan terhadap peraturan yang berlaku serta melaksanakan tugas pokok yang diamanatkan dengan didasari motivasi yang tinggi, memahami dan mengamalkan Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 wajib TNI, Trisila TNI AL dan P5T yaitu Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Baris-Berbaris (PBB), Peraturan Disiplin Militer (PDM), Peraturan Dinas Garnizun (PDG), Peraturan Dinas Dalam (PDD) dan Tata Upacara Militer (TUM).

Kepala Staf Kolinlamil dalam amanatnya menyampaikan, figur Tamtama teladan hendaknya memiliki keteladanan paripurna seorang prajurit, bukan saja harus mampu menunjukkan budi luhur, disiplin yang kuat serta loyalitas dan dedikasi yang tinggi, namun harus juga didukung oleh profesionalisme dan kesamaptaan jasmani yang tangguh. Diharapkan dari prajurit yang terpilih nanti dapat memberikan dorongan bagi setiap prajurit, khususnya strata Tamtama untuk tetap berusaha menjadi prajurit yang terbaik dan dapat dijadikan contoh dalam lingkungan dinas, keluarga dan kehidupan bermasyarakat. (Haresti).

Komentar