Pelatihan Babinpotmar, Kembangkan Kemampuan Pengawak Potensi Maritim TNI AL

Info Maritim45 Dilihat

Sukabumi, indomaritim.com – Sekretaris Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI Angkatan Laut (Dispotmaral) Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto membacakan sambutan Kepala Dispotmaral Brigjen TNI Marinir Gatot Mardiyono pada pembukaan kegiatan Kursus Pelatihan Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar), di Puslatpur-6, Marinir, Antralina, Sukabumi, Senin (8/7/2024).

“Dengan pelatihan ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuannya menjadi lebih baik, yang pada akhirnya seluruh personel pangawak organisasi potensi maritim memiliki kemampuan dasar dalam mengemban tugas Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla)”. ucap Iwan saat membacakan sambutan Kepala Dispotmaral Brigjen TNI Marinir Gatot Mardiyono.

Acara pelatihan ini diikuti oleh 150 peserta, terdiri dari Bintara Satuan Komando Wilayah (Satkowil) dan Satnonkowil Jajaran TNI AL, yang digelar pada 8 Juli- 17 Juli 2024.

Pelatihan Babinpotmar ini bertujuan untuk memberi bekal kepada seluruh peserta agar dalam pelaksanaan tugas sehari-hari sebagai Babinpotmar nantinya, memiliki kemampuan untuk memberdayakan masyarakat dan potensi maritim di wilayahnya dalam rangka mendukung upaya pertahanan negara.

Kadispotmaral dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekdispotmaral juga menekankan pelaksanaan kegiatan latihan ini merupakan langkah konkret untuk meningkatkan kompetensi SDM pengawak organisasi Potmar, sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan dan menambah wawasan kepada para peserta pelatihan tentang bentuk, metode dan cakupan penugasan Babinpotmar berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku.

Para peserta nantinya akan mendapatkan sejumlah materi, dengan metode pembelajaran kelas/ceramah, diskusi dan praktek kerja lapangan oleh para narasumber yang berasal dari Badan Narkotik Nasional, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah, Staf Potmar Kasal, Pusterad, Dispotmar Mabesal, Dispenal, Badan Kependudukan dan Keluarga Bencana Nasional, Balai Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Polres Sukabumi. (NR).

Komentar